FESTIVAL TERNAK DAN IKAN TAHUN 2019

Festival Ternak dan Ikan Tingkat Kabupaten Ciamis untuk tahun 2019 diselenggarakan di Lapangan Wirabaya Desa Rajadesa Kecamatan Rajadesa dari tanggal 09 Juli sampai dengan 10 Juli 2019. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Yana D. Putra, Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagyo M.Int.Rel., Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.IK., M.H., Sekda Drs H. Asep Sudarman, M.Pd, jajaran Forkopimda Kabupaten Ciamis, jajaran SKPD Kabupaten Ciamis, Muspika, Kepala Desa tiap kecamatan se-Kabupaten Ciamis, kelompok ternak, kelompok pembudidaya ikan dan ribuan masyarakat sekitar.

Mengawali rangkaian acara, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Ir. Hj. Yati Herdiati menyampaikan pada acara Festival Ternak dan Ikan ini diselenggarakan kegiatan sheepwalk, kontes dan pameran ternak, pameran agribisnis, gelar teknologi, gerakan makan pangan hewani berupa pemberian susu kepada anak sekolah, gerakan makan ikan dan pelayanan kesehatan hewan serta inseminasi buatan. Adapun tema kegiatan Festival Ternak dan Ikan tahun 2019 adalah “Dengan Festival Ternak dan Ikan Kita Mantapkan Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua”. artinya semua pelaku usaha bidang peternakan dan perikanan siap mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mengoptimalkan sumberdaya lokal yang dimiliki melalui peningkatan daya saing produk peternakan dan perikanan.

Pemenang kontes ternak tingkat Kabupaten Ciamis akan diikutsertakan pada kontes ternak tingkat provinsi Jawa Barat yang akan diselenggarakan di Indramayu. Adapun ternak yang akan mengikuti kontes tingkat Jawa Barat diantaranya Sapi Pasundan, Sapi Peranakan Ongole, Kambing Peranakan Etawa dan Domba Keturunan Garut.

Pada sambutannya, Bupati menegaskan pentingnya pembangunan peternakan di Kabupaten Ciamis ini memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka pengembangan ekonomi daerah yang mampu memberikan multiflier effect terhadap pembangunan sektor lain. Sumberdaya ternak lokal asli Ciamis yang potensial untuk dikembangkan yaitu ayam sentul dan sapi pasundan yang harus dipertahankan kelestariannya dan perlu ditingkatkan produktivitasnya. Sektor Perikanan, Bupati mengajak pembudidaya ikan di Tatar Galuh untuk memanfaatkan dan mengelola sumberdaya yang kita miliki, sehingga tidak tergantung kepada daerah lain.

Bupati mengingatkan akan pasar bebas asia atau masyarakat ekonomi asia, yang mana kita harus mampu bersaing dengan mereka di dunia perdagangan terutama sektor agribisnis dengan cara meningkatkan daya saing produk peternakan dan perikanan melalui peningkatan produktivitas, efisiensi usaha dan peningkatan nilai tambah dengan memanfaatkan teknologi baik teknologi pra produksi, budidaya maupun produksi pasca panen.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi program gerakan minum susu dan makan ikan bagi anak usia sekolah. Bupati berharap frekuensi program gerakan minum susu dan makan ikan bagi anak usia sekolah ini ditingkatkan dan merata di setiap kecamatan sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

 

 

FESTIVAL TERNAK DAN IKAN TAHUN 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top